Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline

Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline - Hallo sobat blogger yang berbahagia Informasi Kesehatan, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang kesehatan, dengan judul Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline , Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel BALITA, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline
link : Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline

Baca juga


Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline

DIARE ANAK
Kabar kesehatan-Oralit dan zinc yang diberikan pada anak saat diare bisa membantu mencegah kejadian fatal yang mungkin saja muncul. Lantas, berapa dosis yang diberikan?

"Untuk zinc berikan dosis penuh 10 hari berturut-turut walaupun diarenya sudah selesai sebagai perlindungan 2-3 bulan ke depan," kata Direktur Penyakit Menular Langsung Dirjen P2PL Kementerian Kesehatan, DR Wiendra Waworuntu, MKes di Balai Kartini, Jl Jend Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (22/3/2016).

Selain itu, zinc juga bisa membantu menjaga kesehatan, pertumbuhan anak, meningkatkan selera makan anak, menurunkan angka kejadian diare akut, disentri dan pneumonia. Untuk dosisnya, pada bayi usai kurang dari 6 bulan yaitu 10 mg sekali sehari selama 10 hari. Sedangkan untuk bayi di atas usia 6 bulan dosisnya 20 mg.

Cara pemberian tablet zinc larutkan tablet zinc dengan beberapa tetas air matang atau asi. Kalau setelahnya anak muntah, potong tablet menjadi kecil-kecil dan beri berulang kali. Kalau anak mengalami dehidrasi berat, tetap berikan setelah anak dapat minum atau makan.

Karena rasa tablet zinc yang pahit, Wiendra menganjurkan untuk tidak mencampurnya dengan oralit karena khawatir justru anak tidak mau mengonsumsi baik oralit maupun zinc. 

Sementara, untuk aturan pemberian oralit yaitu sebagai berikut:
- untuk anak usia lebih dari 1 tahun berikan oralit setiap kali BAB sebanyak 50-100 ml. Sedangkan, jumlah oralit untuk dipakai di rumah yaitu 400 ml/hari.
- untuk anak usia 1-4 tahun, berikan oralit 100-200 ml tiap kali BAB dan berikan 600-800 ml/hari untuk di rumah.
- untuk anak di atas lima tahun, beri oralit 200-300 ml tiap kali BAB dan 800-1.000 ml/hari di rumah.
- sementara untuk orang dewasa, bisa mengonsumsi oralit 300-400 ml tiap BAB dan jumlah konsumsi di rumah yakni 1.200-2.800 ml/hari.

"Penanganan diare secara di rumah tangga bisa dilakukan. Tata laksananya dengan memberi oralit osmolaritas rendah, zinc selama 10 hari. Buat anak tetap veto ASI dan Makanan sesuai umur. Kalau pakai antibiotik, gunakan secara selektif," kata Wiendra memberi pesan.










Sumber: http://health.detik.com/read/2016/03/23/080419/3171160/764/begini-aturan-pemberian-zinc-dan-oralit-saat-anak-diare


Demikianlah Artikel Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline

Sekianlah artikel Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline dengan alamat link http://ayosehatonline.blogspot.com/2016/03/inilah-aturan-yang-tepat-pemberian-zinc.html

0 Response to "Inilah Aturan Yang Tepat Pemberian Zinc Dan Oralit Saat Anak Terkena Diare, ayosehatonline "

Posting Komentar