Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []

Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline [] - Hallo sobat blogger yang berbahagia Informasi Kesehatan, Posting yang saya unggah pada kali ini berisi tentang kesehatan, dengan judul Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline [], Artikel ini bertujuan untuk memudahkan kalian mencari apa yang kalian inginkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk kalian baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel PENYAKIT, yang kami tulis ini dapat kalian pahami dengan baik, semoga artikel ini berguna untuk kalian, jika ada kesalahan penulisan yang dilakukan oleh penulis mohon dimaafkan karena penulis masih newbie. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []
link : Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []

Baca juga


Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []

Penyakit Diabetes atau yang juga disebut dengan penyakit kencing manis (penyakit gula) adalah sebuah penyakit yang harus serius untuk ditangani, karena penyakit ini dapat membuat penderitanya meninggal dunia.

Sebagian besar makanan akan diubah menjadi glukosa. Glukosa merupakan bentuk gula dalam darah, yang memiliki manfaat sebagai  sumber bahan bakar utama bagi tubuh. Dan ketika makanan dicerna di dalam tubuh, maka glukosa akan masuk ke dalam darah.

Sel-sel tubuh akan menggunakan glukosa sebagai energi dan pertumbuhan. Kemudian glukosa tidak dapat masuk sel tubuh tanpa adanya zat insulin. Insulin berguna untuk menyiapkan glukosa agar dapat diserap oleh sel-sel tubuh.

Fungsi insulin...

Insulin juga akan membersihkan glukosa dari darah, untuk kemudian membantu glukosa agar bisa memasuki sel-sel tubuh seperti otot, hati dan jaringan lemak. Adapun Insulin merupakan hormon yang dihasilkan oleh pankreas.

Setelah Anda mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung glukosa, maka kadar glukosa darah akan meningkat. Peningkatan kadar glukosa darah maka akan membuat pankreas mengeluarkan insulin dalam jumlah yang cukup...

Hal ini berguna untuk memindahkan glukosa dalam darah ke dalam sel-sel. Kemudian Insulin juga akan menurunkan tingkat glukosa darah secara perlahan.

Pentingnya menjaga insulin...

Untuk itu diambil kesimpulan bahwa sangat penting untuk menjaga insulin agar bisa berfungsi dengan baik, hal tersebut karena insulin sangat mempengaruhi keadaan kadar glukosa. 

Jika kadar glukosa darah yang terlalu rendah atau juga terlalu tinggi, maka itu sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. 

Orang yang mengalami diabetes maka dirinya berada dalam kondisi dimana jumlah glukosa dalam darah terlalu tinggi, yang disebut dengan hyperglycemia. 

Glukosa dalam darah yang tinggi disebabkan karena tubuh tidak cukup memproduksi insulin dan sel-sel tubuh tidak merespon secara baik insulin yang dihasilkan pankreas. Sehingga menyebabkan terlalu banyak glukosa yang terkonsentrasi di dalam darah.

Adapun kelebihan glukosa dalam darah ini akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui air seni, dan glukosa tidak maksimal untuk diserap sel-sel, dimana itu bermanfaat untuk menghasilkan energi tubuh.

Gejala-Gejala Diabetes

Gejala yang ada pada diabetes sering kali tidak terdiagnosa, hal itu karena gejala Diabetes tampak tidak berbahaya, bahkan terlihat normal. Berikut di bawah ini gejala diabetes yang sering terjadi:
  1. Manusia tentu akan buang air kecil pada setiap harinya, akan tetapi jika terlalu sering untuk buang air kecil, maka ada kemungkinan terkena diabetes.
  2. Rasa haus yang terlalu berlebihan
  3. Rasa Lapar yang terlalu berlebihan
  4. Berat badan yang turun secara tidak biasa atau tidak normal, sehingga cukup mencurigakan.
  5. Tubuh yang sering terasa lemah dan lesu, memang adakalanya tubuh akan terasa lemah dan lesu, seperti ketika selesai melakukan aktifitas yang berat, akan tetapi jika tubuh terasa lemah dan lesu disaat yang tidak tepat, maka ada kemungkinan orang tersebut terkena diabetes.
  6. Penglihatan mata seringkali terasa buram

Menghindari Diabetes

Hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penyakit diabetes, yaitu melakukan aktifitas olahraga, Anda bisa beraktifitas olahraga yang ringan-ringan saja, tetapi kalau bisa rutin, jangan sampai dalam waktu seminggu Anda tidak melakukan aktifitas olahraga sama sekali.

Kemudian, mungkin Anda kurang menyukai aktifitas sarapan, untuk itu perlu diketahui bahwa sarapan sangat penting untuk mengurangi risiko terkena diabetes...

Dengan sarapan juga membantu kita untuk mengontrol nafsu makan.

Hindari porsi makan yang berlebihan...

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah hindari makan terlalu banyak yang melebihi porsi Anda, lalu minimalisir juga dalam mengkonsumsi makanan yang berlemak...

Apalagi makanan yang model junk food. Hal yang sangat baik jika sering mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Kemudian, jangan terlalu sering mengkonsumsi minuman yang manis, akan tetapi yang sangat baik jika sering mengkonsumsi air putih.

TIps terakhir, ketahui bahwa rasa stres ternyata juga bisa memicu terjadinya diabates, untuk itu hindari stres dan depresi sebisa mungkin karena tidak baik untuk kesehatan tubuh dn jiwa.

Semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []

Sekianlah artikel Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline [] kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline [] dengan alamat link http://ayosehatonline.blogspot.com/2014/04/penyebab-cara-menghindari-penyakit.html

0 Response to "Penyebab & Cara Menghindari Penyakit Kencing Manis (Diabetes), [] ayosehatonline []"

Posting Komentar